Jumat, 25 Maret 2011

5 manfaat minum kopi

Bagi banyak orang, kopi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup sehari-hari.
Banyak orang tidak dapat memulai hari sebelum meminum kopi pagi mereka.
Seiring dengan hal ini, muncul pula rumor dan mitos tentang kopi. Sebagian mengatakan kopi dapat menghambat pertumbuhan atau menyebabkan kecanduan.
Mungkin ada kebenaran dalam klaim-klaim ini, tetapi ada juga banyak manfaat kesehatan ketika kopi dikonsumsi secara moderat.
1. Konsentrasi dan Kewaspadaan
Sebagian orang minum kopi untuk mendapatkan efek pada pikiran. Kehadiran kafein dalam kopi dapat membantu seseorang untuk berkonsentrasi, dan meningkatkan kewaspadaan. Efek kafein mulai terasa setelah 20 menit dan dapat bertahan hingga beberapa jam.
2. Mengemudi Lebih Aman
Kantuk amat mengganggu kemampuan seseorang untuk mengemudi secara aman.
Jika mengalami situasi seperti ini, Anda bisa minum secangkir kopi dan tidur siang selama 15 menit. Pada saat itu, kafein akan mulai bekerja untuk meningkatan kewaspadaan.
Namun, minum kopi tidak bisa dijadikan satu-satunya tumpuan. Jika jarak tempuh terlalu jauh akan lebih baik menunggu sampai pagi berikutnya sebelum melanjutkan perjalanan.
3. Meningkatkan Efektivitas Olahraga
Menurut sebuah studi tahun 2001, kopi dapat meningkatkan kapasitas kerja otot selama olahraga.
Dibanding plasebo, kopi mampu meningkatkan kinerja olahraga atau latihan hingga 12,4%. Kopi bisa dikonsumsi sebelum melakukan latihan berat. Hanya saja jangan minum terlalu banyak!
4. Hidrasi
Kopi, atau lebih spesifik kafein, adalah diuretik, zat yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Sebelumnya, peneliti percaya karena sifatnya yang diuretik, kopi akan menyebabkan dehidrasi.
Namun, penelitian terbaru menunjukkan efek diuretik kopi hanya berlangsung sekitar 24 jam. Setelah itu, frekuensi buang air kecil akan kembali normal.
5. Mengurangi Risiko Penyakit Parkinson
Meskipun penyebab pasti Parkinson masih belum diketahui sepenuhnya, studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi kopi, serta teh, dapat mengurangi risiko terkena penyakit ini.
Bagaimana kopi terkait dengan Parkinson? Para ilmuwan menduga konsumsi kopi dapat mengurangi laju hilangnya neuron (Parkinson adalah penyakit saraf).
6. Mencegah Diabetes Tipe II
Studi terbaru menunjukkan bahwa kopi mungkin memiliki peran positif dalam mencegah timbulnya diabetes Tipe II.
Menurut penelitian, kopi mengandung asam klorogenat. Mereka yang mengkonsumsi kopi dalam jumlah moderat memiliki resiko lebih rendah terkena diabetes tipe II.
7. Melindungi Kerusakan Hati
Pada tahun 2003, sebuah penelitian menyimpulkan jikakopi dapat melindungi hati dari penyakit, serta mengurangi resiko sirosis hati terutama yang disebabkan alkohol.
Orang yang minum 4 cangkir kopi per hari memiliki resiko 80% lebih kecil untuk menderita sirosis hati! Selain itu, konsumsi kopi dapat mengurangi risiko pembentukan batu empedu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar