Jumat, 25 Maret 2011

CARA sehat dengan TEH, KOPI, SUSU !!

"Apa menu minuman anda pagi ini? Teh,susu, atau kopi? Perhatikanlah minuman yang akan anda minum itu. Apakah di dalamnya itu memang secangkir teh, segelas susu, atau secangkir kopi?
Kebanyakan orang hanya memperhatikan bentuk dan rasa dalam menikmati minuman tanpa menghiraukan tata cara penyeduhannya. Padahal letak kenikmatan dan khasiat suatu minuman sangat tergantung dengan cara penyeduhannya.
Teh
Untuk memperoleh khasiat terbaik dari teh, cucilah daun teh dengan menuangkan air panas secukupnya pada seduhan pertama kemudian digojog beberapa saat sebelum airnya dibuang. Hal ini dilakukan untuk membuang debu yang masih menempel pada teh.
Hindari menggunakan air yang baru saja mendidih untuk menyeduh teh. Diamkan air mendidih terlebih dahulu sebelum menyeduh teh. Suhu air panas berkisar 80 - 90 derajat Celsius adalah yang paling baik karena dapat mempertahankan antioksidan teh agar tidak rusak.Dan minumlah segera setelah diseduh.
Hindari menyimpan teh yang sudah diseduh lebih dari 24 jam. Teh yang disimpan terlalu lama akan mengakibatkan diare pada tubuh anda. Untuk penyimpanan daun teh, simpanlah dalam wadah tertutup agar aromanya tetap terjaga dengan baik.
Susu
Susu yang baik adalah susu yang mengandung probiotik. Anda dapat memeriksa kandungan probiotik susu pada kotak kemasannya. Probiotik adalah salah satu bakteri baik dalam usus yang berfungsi menghasilkan antibiotika alami untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Karena itu, anda harusberhati-hati menyeduh susu agar probiotiknya tidak mati dan manfaatnya tidak hilang.
Seduhlah susu menggunakan air matang dengan suhu 45 derajat Celsius. Air yang terlalu panas hanya akan mengurangi atau bahkan membunuh probiotik hidup. Namun, jika anda masih ingin meminum susu hangat, seduhlah susu dengan air dingin sebelumnya. Seduh dengan volume air setengah dari gelas, setengah berikutnya campurkan dengan air panas. Dengan demikian kandungan probiotik tidak mati karena telah dihomogenkan dengan air dingin terlebih dahulu. Sebaiknya, susu diminum tidak lebih dari satu jam setelah siap saji. Dan jangan menyimpan susu dalam lemari es!
Kopi
Secangkir kopi yang nikmat ternyata melibatkan banyak hal. Dari memilih biji kopi, mengolahnya menjadi bubuk kopi, sampai menyeduhnya. Semua ada caranya. Ada dua jenis kopi yang dijual di pasaran. Arabika dan Robusta.
Robusta memiliki biji yang berbentuk bulat dan bergaris tengah lurus. Sedangkan jenis arabika berbentuk lonjong dan bergaris tengah bergelombang. Harga Arabika lebih mahal dari Robusta karena kandungan kafein arabika lebih rendah dari robusta. Arabika mengandung 1,0 - 1,7 persen kafein. Sedangkan robusta mengandung 2,8 - 4,0 persen kafein. Lantaran harganya lebih murah dan kadar kafeinnya tinggi, kopi robusta banyak digunakan untuk produk kopi instan.
Selain biji, kualitas kopi juga dintentukan oleh bagaimana kopi itu disimpan.Bila anda membeli kopi, pilihlah kopi yang dikemas dalam bungkus yang kedap udara dan tida tembus pandang. Perlu diingat, bahwa musuh utama kopi adalah udara dan cahaya.
Untuk penyajian, seduhlah sesendoh teh bubuk kopi dengan air panas. Air panas yang dimaksud disini adalah gelembung pertama didihan air. Artinya, air tersebut tidak terlalu lama mendidih di atas api kompor. Air yang terlalu lama mendidih hanya akan merusak citra kopi sebab kopi yang sebenarnya telah digoreng menjadi gosong.Sama halnya jika anda mendidihkan air terlalu lama. Bila hal ini terjadi disarankan untuk mendiamkan dulu air tersebut selama dua menit sebelum diseduh dengan kopi.
Saran lainnya, jangan langsung meminum kopi yang baru diaduk dalam cangkir. Agar benar-benar nikmat waktu diminum, kopi yang telah diseduh itu harus diminum dalam jangka waktu 30 menit setelah dihidangkan.Nah, apakah anda telah meminum minuman sehat dan berkhasiat, serta tentunya nikmat pagi ini? "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar