Jumat, 25 Maret 2011

Fakta mengenai madu

Dari minggu lalu saya mau beli madu lewat website, lagi iseng searching, malah dapat beberapa hal menarik yang saya dapat, dan ingin dishare disini supaya tidak mubazir, tapi berguna untuk yang lain. mungkin ada dari anda yang punya fakta2 lain, silahkan juga dishare disini. Bukan mengenai peternakan madu, apalagi iklan lapak madu, tapi mengenai apa yang harus diperhatikan dari sudut pandang konsumen.
saya tidak jualan madu. Cuma seseorang yang mencari sehat dengan cara pencegahan yang alami.
Apakah Madu akan rusak?
madu adalah salah satu makanan yang tidak akan pernah rusak, asalkan disimpan dalam kondisi yang benar. Madu menyerap partikel-partikel air di udara, dan ketika kandungan air dalam madu mencapai lebih dari 18.6%, maka akan memungkinkan terjadinya fermentasi. Fermentasi inilah yang akan menciptakan rasa asam (kecut) pada madu. Simpan madu pada tempat yang kering. Bila terjadi pengkristalan pada madu, cukup dihangatkan saja (95-120 Farenheit, atau 35-48 Celcius). jangan terlalu panas >(160 Farenheit atau 71 Celcius), karena dapat merubah struktur dan nilai nutrisi madu.
Apakah madu pasti menyehatkan?
Tidak. Madu madu yang diproduksi dari sari oleander, rhododendron, mountain laurel, sheep laurel, dan azalea terbukti secara klinis beracun dan bisa menimbulkan reaksi alergi. Gejalanya adalah pusing, letih, gangguan pernapasan, mual, dan muntah. Dalam keadaan yang lebih jarang terjadi, tekanan darah rendah, terkejut, denyut jantung tidak normal, dan kejang-kejang mungkin saja terjadi, tetapi sangat jarang dapat menyebabkan kematian. Berhati-hatilah dalam mengkonsumsi madu dari hutan liar yang tidak teruji dan tidak terkontrol.
Apakah semua madu rasanya manis?
Tidak. rasa madu tergantung dari nektar2 bunga yang dihisap sang lebah. ada juga madu yang rasanya pahit.
Apakah madu aman dikonsumsi oleh bayi?
Tidak. Didalam madu terdapat spora Clostridium Botulinum, yang mana seorang bayi belum memiliki enzim yang cukup untuk mencerna spora tersebut. Dikatakan setidaknya harus berumur 1 tahun (12 bulan)untuk dapat mengkonsumsi madu. Berhati2lah terhadap iklan yang bilang madu bagus untuk bayi.
Bagaimana membedakan madu asli dan tidak?
Biasanya, yang tradisional sih pakai semut. secara naluriah semut menolak madu asli yang hasil lebah. jadi madu yang asli tidak dirubung semut. tapi ternyata ada beberapa jenis semut yang juga suka madu, walaupun asli. Tapi tenang, ada cara lain yang sudah lebih modern dan pasti
1. kalo diteteskan diatas kertas minyak (yang buat bersihin muka), madu asli tidak terserap.
2. kalau dikocok, madu asli akan mengeluarkan gas.(ada bubble)
3. kalau dikucurkan kedalam air (tanpa diaduk), maka madu asli akan langsung tenggelam, nggak tercerai/ larut dalam air.
4. kalau dicampur telur, madu asli akan membuat merah telur matang.
5. Sumbu lilin yang dicelupkan kedalam madu asli akan tetap menyala kalau disulut api.
Berapakah berat jenis madu?
Untuk madu-madu yang memiliki kadar air (water content) 18%, madu berbobot 1.36 kilogram per liter-nya. makin tinggi kadar airnya, makin rendah berat jenis-nya.
Negara manakah yang merupakan supplier madu terbesar?
Data tahun 2005 FAO menyebutkan:
Nomer 1 = China
Nomer 2 = USA
nomer 3 = Turki
sebagai negara supplier madu terbanyak di dunia.
Lebah spesies apa yang memberikan madu kedalam kehidupan kita?
Lebah yang paling banyak diternakan adalah lebah-lebah budidaya dari spesies Apis mellifera (Lebah Eropa) dan Apis Cenara (Lebah Asia). Ada juga lebah dari spesies Apis Dorsata yang merupakan jagoan menyumbangkan madu hutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar